HUT PGRI TAHUN 2022

UT PGRI 2022 atau Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia tahun 2022 diperingati pada tanggal 25 November 2022. HUT PGRI diperingati bersama dengan peringatan Hari Guru Nasional (HGN).
sejarah PGRI bermula dari perjuangan guru-guru Indonesia sejak zaman pemerintahan Belanda

Pada 1912, sejarah perjuangan guru di Indonesia bermula melalui Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Organisasi ini beranggotakan para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan penilik sekolah dengan latar pendidikan yang berbeda-beda.

Selain PGHB, berkembang pula organisasi guru lainnya yang beranggotakan semua guru tanpa membedakan golongan. Perjuangan guru tak hanya berfokus pada perbaikan nasib serta kesamaan hak dan posisi dengan Belanda, tetapi sudah memuncak menjadi perjuangan nasional dengan teriak "merdeka".

Pada 1932, organisasi-organisasi guru dengan berbeda-beda latar belakang, paham dan golongan sepakat bersatu mengubah nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Pengubahan nama pun mengejutkan pemerintah Belanda.

Selanjutnya, perjuangan PGI tak lagi sekadar untuk nasib guru, melainkan memuncak pada kesadaran dan cita-cita kemerdekaan. Pada zaman pendudukan Jepang segala organisasi dilarang, sekolah ditutup, dan PGI sempat tidak dapat lagi melakukan aktivitas.

Setelah masa kemerdekaan, pada tanggal 23-25 November 1945 digelar Kongres Guru Indonesia di Surakarta di Gedung Somaharsana (Pasar Pon), Van Deventer School, Sekolah Guru Puteri (sekarang SMP Negeri 3 Surakarta). Hasilnya semua guru Indonesia menyatakan dirinya bersatu dalam satu wadah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Selanjutnya, pemerintah melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan hari lahir PGRI pada tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional, dan diperingati setiap tahun. Hingga kini HUT PGRI diperingati setiap tanggal 25 November.

selanjutnya Keluarga besar SDN 1 Balung Mengucapkan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia  ke 77 tahun 2022 dan  Selamat Hari Guru Nasional 2022